MENJADI DETEKTIF POHON DI COMMUNITY LEARNING CENTER



MENJADI DETEKTIF POHON
DI COMMUNITY LEARNING CENTER


Seorang anak yang sedang serius memperhatikan secarik kertas yang diterimanya berisikan gambar-gambar buah yang di bawahnya ada tulisan nama buah tersebut dan sebuah pensil, terbersit pertanyaan dalam benak mereka, untuk apa yah kertas dan pensil ini?.


Kegiatan yang sedang dikerjakan anak dalam gambar di samping adalah menjadi seorang detektif pohon. Kegiatan ini adalah sebagai pembelajaran untuk anak-anak dalam mengenal pohon dan buahnya yang ada di lokasi CLC. Kegiatan ini diberikan kepada siswa siswi TK dan SD kelas 1 – 3. Kertas yang diterima oleh setiap anak hanya mencocokkan antara gambar dan tulisan yang ada di dalam kertas dengan yang ada di kebun buah. Setiap  pohon buah yang ditanam di CLC sudah diberikan papan nama setiap individu pohonnya.

Sebelum anak-anak mengerjakan tugasnya menjadi detektif, fasilitator akan menjelaskan terlebih dahulu tatacara untuk mengisi kertas yang anak-anak terima. Cara mencocokkannya dengan menggunakan pensil yang mereka dengan memberikan tanda centang (√). Tanda tersebut digunakan, karena rata-rata anak pada jenjang tersebut masih belum bisa menulis dengan benar, maka dari itu mereka hanya cukup memberikan tanda centang tersebut.

Manfaat dari kegiatan ini adalah agar anak-anak mengetahui buah yang biasa mereka temui di meja makan ataupun buah yang biasa mereka temui di pasar atau toko buah dengan pohonnya seperti apa. Kegiatan ini sangat bermanfaat sekali untuk anak-anak sebagai pengetahuan dasar yang mereka terima sebelum masuk ke jenjang sekolah yang lebih tinggi.


 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.