PEMBIBITAN POHON BUAH-BUAHAN DI COMMUNITY LEARNING CENTER



PEMBIBITAN POHON BUAH-BUAHAN DI COMMUNITY LEARNING CENTER

Pembibitan pohon adalah tempat yang dikelola, dan dirancang untuk memproduksi bibit pohon yang dibesarkan di dalam kondisi baik sampai bibit-bibit ini siap untuk ditanam. Pembibitan pohon ini dapat berupa pembibitan tidak resmi yang berskala kecil atau badan usaha komersial besar. Pembibitan memiliki keragaman dalam hal ukuran, fasilitas (suplai, peralatan, perlengkapan, dll.), tipe bibit yang diproduksi, dan operasional. Pembibitanpembibitan juga memiliki perbedaan signifikan dalam hal kualitas dan  kuantitas stok bahan tanam yang diproduksi. Namun, tujuan utama semua pembibitan adalah memproduksi sejumlah bibit berkualitas tinggi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan pengguna bibit. Para pengguna bibit mencakup operator pembibitan itu sendiri, perseorangan, organisasi kemasyarakatan, kelompok petani, badan pemerintahan, organisasi nonpemerintah, perusahaan, atau konsumen swasta.

Usaha pembibitan tanaman buah-buahan banyak terdapat di Indonesia, sebagai contoh Majalengka terkenal sebagai sentra produksi bibit mangga, rambutan dan jeruk, Lampung terkenal sebagai sentra produksi bibit rambutan dan Bogor terkenal sebagai sentra produksi bibit durian. Untuk Kawasan Indonesia Tengah, Bali merupakan salah satu sentra produksi bibit tanaman buah-buahan. Usaha pembibitan tanaman buah-buahan yang terus berkembang ini diharapkan dapat memenuhi permintaan pekebun buah terhadap bibit buah-buahan sehingga produksi buah meningkat dan dapat memenuhi konsumsi buah dalam negeri.

Community Learning Center saat ini telah membuat beberapa macam bibit yang berasal dari perkembangbiakan secara vegetatif yaitu dengan cara mencangkok. Teknik ini paling mudah untuk dikembangkan. Pohon induk yang tersedia di CLC cukup banyak dan siap untuk dikembangbiakan. Jambu kristal adalah pohon induk yang siap untuk dicangkok. Pelatihan tentang tatacara mencangkok telah dilaksanakan sehingga anggota community pun bisa untuk membuat bibit dengan cara mencangkok.
 
Diberdayakan oleh Blogger.