PENTINGNYA SAFETY PROCEDURE DI DALAM MENJALANKAN PROSES PROGRAM OUTBOUND


 PENTINGNYA SAFETY PROCEDURE DI DALAM MENJALANKAN PROSES PROGRAM OUTBOUND



Banyak pelaku bisnis OUTBOUND seringkali menyepelekan bahkan menganggap remeh tentang pentingnya aspek yang satu ini. Bahkan banyak kalangan menganggap bahwa safety procedure ini dianggap akan menghambat proses pelatihan menjadi tidak optimal. Sementara saya menganggap jika aspek keselamatan tidak dijalankan dengan baik dan benar, maka provider tersebut akan semakin ditinggalkan oleh klien.

Minimnya pengetahuan dan besarnya peluang didalam menjalankan bisnis ini adalah kombinasi yang sempurna menjamurnya operator outbound di lingkungan sekitar kita. Selain karena jenis permainan dan penerapan metode yang sederhana dan juga ditambah modal yang minim yang dikeluarkan didalam menjalankan bisnis ini.

Dampak yang lebih luas akan terasa luar biasa, apabila kecelakaan benar-benar terjadi apalagi kejadian ini menimpa pada peserta perusahaan yang ternama. Nama baik jasa ini sudah jelas akan tercoreng-moreng dan juga akan memberikan indikasi yang buruk didalam mempraktekan bisnisnya di kemudian hari. Tetapi sialnya, jasa-jasa yang lain pun yang sudah menjalankan aspek keselamatan dengan sangat baiknya juga akan terkena imbasnya.

Oleh sebab itu, mari kita menghimbau diri kita sendiri (evaluasi kedalam) dan teman-teman kita untuk membuka mata lebar-lebar bahwa system pelatihan ini bisa dijalankan oleh siapapun dengan satu tujuan yaitu zero accident.

Biasakan melakukan presentasi dan simulasi sebelum mencapai suatu kesepakatan dengan pihak perusahaan atau pengguna jasa pelatihan outbound ini didalam menjelaskan secara rinci bentuk permainan dan metode yang akan mereka alami.

Jelaskan juga secara mendetil kemungkinan resiko-resiko yang akan didapat selama permainan berlangsung dan pengetahuan seberapa parah apabila kecelakaan benar-benar terjadi ditambah pengetahuan bagaimana cara menghindarinya.

Selalu memberikan fasilitas asuransi didalam semua jenis paket pelatihan alam bebas bagi seluruh peserta maupun tim yang ada di lapangan, harga sedikit lebih mahal tetapi fasilitas ini akan memberikan kenyamanan awal bagi para peserta dan tim dilapangan. Bukan berarti aktifitas dapat dilakukan seenaknya, justru seharusnya memberikan pemahaman bahwa dengan adanya asuransi semua aktifitas harus dijalankan dengan standard safety procedure yang ada.

Apabila kecelakaan tidak bisa dihindari, berikanlah pertolongan secepat dan seefektif mungkin ditambah koordinasi tingkat tinggi dengan pihak-pihak yang terkait (ambulan, dokter lapangan, rumah sakit dan alat2 penunjang keselamatan). Dengan harapan, akan menghindarkan dampak kecelakaan yang serius pada si korban ataupun pada jasa operator itu sendiri.
Diberdayakan oleh Blogger.