PAKET CAMPING | BERKEMAH, API UNGGUN, JURIT MALAM, DAN KACU ADALAH BEBERAPA ISTILAH YANG ADA DALAM ORGANISASI KEPRAMUKAAN

PAKET CAMPING | BERKEMAH, API UNGGUN, JURIT MALAM, DAN KACU ADALAH BEBERAPA ISTILAH YANG ADA DALAM ORGANISASI KEPRAMUKAAN



Gerakan Pramuka Indonesia adalah nama organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia. Kata "Pramuka" merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Jiwa Muda yang Suka Berkarya. Tapi sebelum singkatan ini ditetapkan, kata Pramuka asalnya diambil oleh Sultan Hamengkubuwono IX dari kata "Poromuko" yang berarti pasukan terdepan dalam perang.

1. Kacu atau Setangan leher:
  1. dibuat dari bahan warna merah dan putih.
  2. berbentuk segitiga sama kaki;
    1. sisi panjang 90 cm dengan sudut bawah 90 derajat (panjang disesuaikan dengan tinggi badan pemakai sampai di pinggang).
    2. bahan dasar warna putih dengan lis merah selebar 5 cm.
    3. setangan leher dilipat sedemikian rupa (lebar lipatan ± 5 cm) sehingga warna merah putih tampak dengan jelas, dan pemakaiannya tampak rapi.
  3. dikenakan dengan cincin (ring) setangan leher.
  4. dikenakan di bawah kerah baju.

2. Api unggun
Api unggun adalah kegiatan upacara yang diadakan di malam hari dengan membuat gundukan kayu yang disusun dengan rapi lalu dibakar gundukan kayu tersebut dan dikelilingi para peserta pramuka.

3. Berkemah
Berkemah adalah kegiatan menginap diluar ruangan atau di alam terbuka dan tidur didalam sebuah tenda. Biasanya kegiatan ini dilaksanakan para anggota organisasi kepramukaan. Tapi belakangan ini kegiatan berkemah menjadi trend tersendiri banyak sekali yang melaksanakan kegiatan ini di lapangan, bisa dari lingkungan keluarga, perusahaan ataupun dari organisasi lain yang ingin merasakan dinginnya tidur di alam terbuka.

Maka dari itu bagi semua orang yang ingin melaksanakan kegiatan berkemah silahkan hubungi kami di no hp di bawah ini:



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.