PAKET OUTBOUND | Outbound merupakan suatu kegiatan yang menggabungkan antara fisik, mental dan intelensia dengan tujuan yang ditargetkan dan bisanya dilakukan di alam terbuka

PAKET OUTBOUND | Outbound merupakan suatu kegiatan yang menggabungkan antara fisik, mental dan intelensia dengan tujuan yang ditargetkan dan bisanya dilakukan di alam terbuka


Outbound. Outbound adalah kegiatan yang terdiri dari berbagai macam permainan. Untuk saat ini outbound adalah kegiatan yang dicari oleh banyak orang untuk mengisi akhir pekannya atau rekreasi di akhir pekan mengisi waktu luang.

Kegiatan outbound. Kegiatan outbound sendiri dilakukan di luar ruangan atau di halaman luas yang suasananya menyatu dengan alam. Outbound bisa disebut sebagai hiburan, pariwisata dan juga olahraga. Karena tanpa disadari sebenarnya outbound bukan hanya sekedar hiburan atau permainan, outbound itu menggunakan otot, melatih kecepatan, memacu keberanian, melatih kekuatan tangan dan masih banyak lainnya. 

Contoh-contoh permainan outbound adalah Escape From The Circle yaitu permainan meloloskan diri dari dalam lingkaran hanya dengan bantuan sebuah tali yang dikaitkan di pohon, dimana lingkaran tersebut diibaratkan sebuah pulau yang akan segera terendam oleh lahar panas. Permainan ini sebenarnya untuk melatih seseorang untuk berfikir cepat, berstrategi, bekerjasama satu sama lain, tidak mudah menyerah dan rela berkorban untuk kepentingan bersama dan satu lagi contohnya adalah Rafting. Masih banyak lainnya seperti Two Line Bridge, Spider Web, Paintball, Radiasi, Fub Games dan Rocket Power. Suasana permainan ini juga sebenanya untuk menimbulkan kedekatan satu sama lain (berinteraksi dan bersosialisasi) dan kebersamaan.

Beberapa hal yang harus dilakukan agar kegiatan outbound training yang dilaksanakan dapat menghasilkan hasil yang optimal. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Interview. Ini perlu dilakukan untuk mendapatkan gambaran profil dari peserta outbound. Jangan sampai nantinya permainan super keras diterapkan kepada orang yang punya penyakit tertentu misalnya. Wah bisa repot nantinya. Selain itu juga agar instruktur tidak terkaget-kaget di lapangan manakala karakter asli dari peserta muncul, sedangkan karakter itu belum tentu disenangi oleh sang instruktur misalnya. Jadi udah ada semacam defend dulu agar gak terkaget-kaget (termasuk solusi bagaimana menanganinya).

Variasi permainan. Ini juga penting dan mesti disesuaikan dengan kondisi dan budget. (Bukan berarti simulasi kerjasama ini tidak bisa dimainkan di dalam ruangan loh). Semakin pandai seorang instruktur merancang suatu permainan, yang dapat mensimulasikan kerjasama antar anggota tim, semakin besar kemungkinan keberhasilan dari kegiatan outbound training tersebut.

Keseriusan dan kesiapan peserta. Bila segala-galanya sudah bagus namun pesertanya tidak serius atau tidak siap, yang ada bisa2 hanya akan buang2 waktu dan tenaga saja. Jadi apa gunanya kegiatan outbound training dilaksanakan.

Komunikasi. Saat kegiatan outbound training berlangsung, harapannya karakter yang biasa digunakan para peserta selama di tempat kerja, karakter itulah yang digunakan. Nantinya bisa jadi akan timbul konflik dan bisa jadi masalah dalam komunikasi. Nah, ini akan menarik bila masih bisa dilakukan kompromi dari hasil komunikasi yang berlangsung.

Jika Anda tertarik dan ingin merasakan sensasi untuk outbound silahkan hubungi marketing kami di bawah ini.



Diberdayakan oleh Blogger.