PELATIHAN KOMPOS | KEGIATAN PELATIHAN PEMBUATAN KOMPOS ADALAH KEGIATAN AGRO EDUKASI DALAM MENUNJANG MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

PELATIHAN KOMPOS | KEGIATAN PELATIHAN PEMBUATAN KOMPOS ADALAH KEGIATAN AGRO EDUKASI DALAM MENUNJANG MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM


Paket Agro Edukasi. Kegiatan agro edukasi dalam dunia wisata edukasi sangat beragam jenis kegiatannya. Mulai dari praktek yang bersifat sains ataupun hanya fun itu sangat beragam. Akan tetapi ada beberapa kegiatan yang dikhususkan untuk siswa siswi yang sudah sampai ditingkat yang lebih tinggi jenjang pendidikannya. Kegiatan agro edukasi yang bersifat sains atau pelatihan yang membutuhkan konsentrasi dan keterampilan tidak bisa diberikan kepada siswa yang berada di level PG, TK dan SD (kelas 1-3).

Adapun paket Agro edukasi yang akan dijelaskan pada artikel ini adalah tentang bagaimana cara membuat kompos dengan baik dan benar, silahkan disimak artikel berikut ini.

Pelatihan pembuatan kompos adalah kegiatan agro edukasi yang menjelaskan tentang bagaimana cara membuat pupuk kompos yang baik dan mendapatkan hasil yang berkualitas dan menjadikan bahan sampah daun ataupun sampah rumah tangga bisa bermanfaat.

Kompos merupakan suatu bahan yang kaya akan bahan organik, yang berperan penting di dalam mempertahankan kesuburan tanah, karena sifatnya sebagai bahan yang dapat membenah tanah. Di dalam sistim pertanian yang berkelanjutan, peran yang sangat penting dari kompos selain sebagai sumber unsur hara,juga berperan untuk meningkatkan kondisi fisika-kimia dan sifat biologi tanah. Hasil dari peningkatan kondisi tanah tersebut, adalah:
  1. Menjadi lebih tahan terhadap kekeringan, penyakit dan cemaran bahan berbahaya.
  2. Membantu tanaman dalam peningkatan penyerapan nutrisi tanaman, dan

Meningkatkan kapasitas siklus aktif hara atau nutrisi karena peningkatan aktivitas jasad renik tanah.  

Pada akhir-akhir ini, perhatian tentang proses pengomposan semakin bertambah, seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya upaya untuk mengurangi dampak negatif yang timbul akibat meningkatnya sampah terhadap lingkungan.  Pihak pemerhati lingkungan lainnya juga melihat pentingnya mendaur ulang sampah organik menjadi pupuk kompos sebagai salah satu alternatif upaya pengurangan volume sampah yang dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Jika sekolah Anda ingin lebih jelas tentang bagaimana cara pembuatan kompos ini silahkan hubungi kontak person di bawah ini.





Diberdayakan oleh Blogger.